//
you're reading...
Bahasa Indonesia

5 Days for SDL

logosdl.pngSeminggu terakhir di bulan Ramadhan ini, habis untuk coding C++ with SDL API. Benar – benar cuma duduk di depan laptop dan terus berexperiment dengan Simple Directmedia Layer atau dikenal SDL. Sebuah Graphic API seperti DirectX dan openGL, perbedaannya SDL lebih simple dan khusus untuk 2D Graphic. Alasan menggunakan SDL API karena DirectX terlalu hardcore untuk programming, cukup banyak syntax yang mesti dipelajari hanya untuk melakukan satu task. Mengapa tidak openGL saja? Karena openGL khusus untuk 3D Graphic dan memang biasanya openGL programmer pun akan menggabungkan openGL dengan SDL jika butuh 2D Graphic.

Tujuan awal saya menggunakan ini adalah untuk memberikan materi programming C++ untuk Divkom. C++ memang menarik dan powerful tapi jika tidak tahu buat apa mempelajarinya rasanya sayang sekali. Pengetahuan C++ hanya berkutat di masalah basic, seperti tipe data, control flow, dan mentok – mentok sampai Object Oriented Programming (OOP). Nah, dengan mempelajari SDL, aplikasi yang dibuat pun mempunyai GUI dan tidak lagi dalam tampilan console (hitam – putih). Bosan kan 4 tahun kuliah, coding C++ hanya hitam putih melulu!

Contoh real dari SDL adalah game dan memang tujuan awal SDL dibuat adalah untuk game. Hanya saja, SDL ini saya pelajari untuk membuat simulasi Artificial Intelligence. Penerapan seperti Depth-first Search, Breadth-first Search, Heuristic, dan lain – lainnya tapi dengan GUI. Biar lebih mudah untuk memahami konsep AI. Just that!

Kira – kira berapa orang Indonesia ya, yang mengerti SDL? Kalau DirectX atau openGL pasti lebih banyak.

About Winnu Ayi

Computer Engineer. Computer Scientist.

Discussion

2 thoughts on “5 Days for SDL

  1. posisinya di foto tampil bgt yaahh, ckckck…
    =]

    Posted by dery | 9 November 2006, 14:07
  2. Lagi nyari ttg aplikasi sdl, eh ketemunya malah blog k’ winu. Heuh.. masuk top search google tuh..

    Posted by elgafitri | 26 March 2008, 10:03

Leave a comment