//
you're reading...
Bahasa Indonesia

NetBeans vs Eclipse

Jika berbicara mengenai Java maka 2 IDE terkenal ini pun juga mesti disebut, yaitu NetBeans dan Eclipse. NetBeans dibuat oleh Sun Microsystems dan Eclipse dibuat oleh IBM (dan cs…). Nah… permasalahannya IDE mana yang bagus? karena saya sedang merencanakan untuk membentuk Divkom Java Research Group (DJ-RG).

Programming Java secara hardcore dalam artian tanpa IDE, langsung aja software dicoding di notepad atau teks editor sederhana memang COOL!! Tapi, bakal memakan waktu yang sangat lama dan tidak efisien. No offense buat programmer yang suka cara ini. Silakan saja. Tapi saya tidak mau buang – buang waktu untuk mengetikkan routine yang sama secara berulang – ulang. Itulah makanya saya mencari – cari informasi IDE Java yang cocok dan akhirnya menemukan 2 IDE ini.

Saya sudah mencoba NetBeans 5.5 dengan JVM v5 update 9 dan cukup puas. Belum pernah crash. GUI Builder-nya pun sudah built-in, tidak seperti Eclipse. NetBeans IDE memang boros memori, setidaknya butuh 512MB. Sebelumnya saya menggunakan NetBeans 5.5 dengan JVM v5 update 2 dan Alhamdullilah di setiap harinya pasti sekali crash!! 😦

Kalo Eclipse saya juga sudah mencoba tapi tidak terlalu lama. Tampilan IDEnya menarik. Tidak berat seperti NetBeans ketika digunakan. Hanya saja yang saya tidak suka itu Standard Widget Toolkit (SWT), package untuk menggenerate GUI Software. Padanannya Swing untuk NetBeans. Padahal, kalo kita sedang belajar Java maka kebanyakan menggunakan Swing dan AWT. Kelebihan Eclipse yang utama adalah digunakan banyak developer Java di dunia Industri, termasuk Google, Inc.

Saya bukan fanatik terhadap satu IDE. Masing – masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun demikian, saya ingin mencoba NetBeans dulu. Tampak lebih mudah buat beginner seperti saya. Apa ada yang punya pendapat lain? Apa memang Eclipse lebih baik dari NetBeans?

About Winnu Ayi

Computer Engineer. Computer Scientist.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

